Mari kita jujur saja: Linux merupakan Sistem Operasi favorit para penggila teknologi yang sadar akan privasi karena ada suatu alasan. Apakah yang lebih ingin Anda miliki — sinkronisasi data yang mengganggu dan kemungkinan berkolaborasi dengan NSA, atau sebuah platform sumber terbuka yang dirancang oleh pengguna, untuk pengguna?

Mungkin yang terakhir.

Namun demikian, mencari VPN Linux yang tidak terasa seperti versi beta bila dibandingkan rekan Windows/Mac-nya bisa jadi tantangan tersendiri. Baik kinerja, daya guna secara keseluruhannya, atau fitur paling penting yang mendapat poin, beberapa riset serius dibutuhkan untuk menemukan VPN yang terbaik untuk mesin Linux.

Inilah mengapa kami memutuskan untuk membantu Anda — setelah pengujian yang tak terhitung banyaknya, kami berhasil mengumpulkan “jarum dalam timbunan jerami” dan tidak akan mengecewakan para pengguna Linux di pasaran untuk penyedia VPN andal.

Lihat pilihan top kami di bawah ini:

1. ExpressVPN

  • Luar biasa cepat — mengatasi pemberangusan oleh ISP atau streaming/torrent dengan bebas
  • Koneksi ke sisi mana pun di dunia dengan 90+ lokasi yang bisa dipilih
  • Privasi tak ternoda — tidak menyimpan catatan
  • Klien OpenVPN kustom untuk distribusi Linux
  • Dukungan pelanggan penuh perhatian — tersedia 24/7
  • Dapatkan uang Anda kembali dalam 30 hari setelah berlangganan

Berikut ini penyedia VPN yang sesuai dengan namanya — ExpressVPN akan benar-benar memberikan Anda streaming, torrent dan penjelajahan dengan kecepatan super kencang.

Kecepatan adalah kehebatan VPN ini, tetapi juga menawarkan lebih banyak lagi dari itu. Lebih dari 1.500 server, kebijakan tanpa pencatatan yang sudah terbukti, dan sekumpulan fitur tingkat lanjut menjadikan ExpressVPN pilihan serba bisa yang ideal, baik untuk kebutuhan dasar dan spesifik.

Sekarang untuk pertanyaan sebenarnya: bagaimana kemampuannya pada Linux?

Klien kustomnya mudah dipasang dan dijalankan, dengan dukungan OpenVPN; jika Anda menggunakan Ubuntu, Anda juga bisa memilih konfigurasi OpenVPN melalui Network Manager. Penyiapan PPTP juga memungkinkan, tetapi sebagai aturan dasar kami sarankan Anda menjauh dari protokol ketinggalan zaman ini.

Anda akan terpaksa cukup puas dengan tanpa fitur kanalisasi terbagi yang mengesankan, tetapi kebanyakan fitur berharga lainnya tetap ada pada Linux — DNS dinamis, proteksi kebocoran, dan dukungan P2P, adalah beberapa di antaranya.

Yang terakhir, jika Anda menghadapi masalah apa saja, ExpressVPN memiliki panduan instalasi informatif untuk versi Linux apa pun, dalam teks dan video. Terlebih lagi, Anda mendapatkan dukungan yang penuh perhatian tersedia 24/7 pada obrolan langsung untuk membantu Anda secara pribadi.

Tak perlu dikatakan lagi, ExpressVPN hadir dengan jaminan uang kembali (seperti seharusnya semua VPN berkualitas tinggi). Mulailah dan coba gratis selama 30 hari!

2. NordVPN

  • Berbasis di Panama — tidak ada aturan penyimpanan data perlu dikhawatirkan
  • Pilih lebih dari 3.500 server
  • Konfigurasi Linux tidak berbelit-belit, tetapi tidak ada klien bawaan
  • Dukungan obrolan langsung luar biasa
  • Coba sebelum Anda membeli dengan jaminan uang kembali 30 hari

Sempurna untuk pengguna jangka panjang, NordVPN merupakan penyedia yang memperluas layanannya secara teratur.

Apa maksud Anda dengan itu?

Kualitas server bisa membantu atau merusak sebuah VPN, dan Nord berdedikasi untuk meningkatkan aspek ini secara konstan.

Meskipun tidak ada klien yang dikhususkan untuk Linuxkonfigurasi OpenVPN-nya berjalan tanpa pernah tersendat, sungguhpun itu sedikit membutuhkan lebih lama untuk menyiapkannya. Tidak ada kebocoran untuk menjadi bahan pembicaraan, dan secara keseluruhan keamanannya sangat ketat pada VPN ini. Kami ingin melihat GUI khusus untuk distro Linux di masa mendatang, tetapi yang saat ini didapatkan para pengguna masih jauh dari kemungkinan alternatif.

Berkat kebijakan tanpa pencatatan, dan lokasi markas besarnya yang menguntungkan (Panama), NordVPN tidak membutuhkan pemikiran jika Anda mencari penyedia yang akan membuat waktu Anda di internet aman dan privat. Tim dukungan 24/7 yang berpengetahuan luas dan penjelasan mendetail sungguh mudah dimengerti, bersama dengan jaminan uang kembali 30 hari.

3. AirVPN

  • Klien Linux hadir dengan fitur komplit
  • Tombol pemutus, proteksi kebocoran, dan bermacam-macam pengaturan tingkat lanjut disertakan
  • Forum Hebat
  • Membutuhkan kecakapan dalam VPN dalam hal persiapan dan penggunaan umum
  • Tidak sulit
  • Tersedia jaminan uang kembali 30 hari dan coba gratis

Seperti halnya Linux yang membutuhkan sedikit keahlian dan lebih kepada pendekatan yang membutuhkan penanganan langsung dibandingkan Microsoft/Apple, AirVPN berharap penggunanya memiliki ide yang jelas tentang bagaimana sesuatunya bekerja.

Namun, semua itu sepadan — anggap saja Anda tahu apa yang Anda lakukan, AirVPN bisa dengan cepat menjadi VPN favorit Anda untuk distro Linux. Bagi pemula, Eddie (ya, kliennya mempunyai namanya sendiri) persis sama di seluruh platform, artinya Anda mendapat fitur dan pengaturan yang sama baik Anda entah menjalankan OS berbasis Windows, Mac, atau Linux.

Lalu, ada performa yang nyata. AirVPN memiliki beberapa enkripsi terkuat yang ada, selain dari pendirian anti pencatatan yang sungguh-sungguh dan armada fitur tingkat lanjut (tombol pemutus, proteksi kebocoran DNS, VPN melalui kanal Tor/SSL/SSH).

Singkatnya, VPN ini menawarkan banyak, dengan jaringan server besar dan kecepatan mengesankan secara total. Seperti yang dikatakan, Anda hanya akan menghargai seberapa bagus AirVPN jika Anda benar-benar bisa menemukan pemecahan masalah kliennya. Anda bisa mengunjungi forum AirVPN (yang, terus terang, merupakan pusat informasi yang menakjubkan) — tetapi jangan berharap untuk panduan yang lebih jauh lagi.

Untungnya, Anda bisa melihat jika Anda cukup nyaman dengan AirVPN sebelum mulai berlangganan, dengan tersedianya jaminan uang kembali dan coba gratis.

4. Private Internet Access

  • Ribuan server pada 44 macam lokasi
  • Amat sangat murah
  • Privasi solid
  • Tombol pemutus dan proteksi kebocoran DNS menjadi standar pada klien OS Linux
  • Jaminan uang kembali satu minggu

PIA merupakan kesayangan banyak pengguna VPN untuk berbagai alasan — dan klien Linux yang solid adalah salah satunya.

Mudah dipasang dan berusaha keras sejalan dengan nama yang disandangnya, PIA ternyata menawarkan layanan bagus dengan biayanya yang sangat murah. Setelah menghabiskan tidak lebih dari 5 menit mengatur segalanya, Anda mendapat proteksi VPN yang luar biasa murah dengan tombol pemutus, proteksi kebocoran DNS, dan yang mengejutkan 3000 server pada 44 lokasi.

Meskipun bermarkas besar di Amerika Serikat, PIA telah membuktikan komitmennya untuk menjaga privasi pengguna dan tidak menyimpan catatan sensitif, yang pada gilirannya berhasil mendapatkan basis pengguna setia (dan sangat besar).

Tetapi ada satu peringatan — kinerjanya cenderung berubah dari satu server ke server lain. Ini bisa diduga kalau Anda memiliki ribuan server yang siap untuk Anda gunakan, tetapi dari beberapa riset dan pengujian Anda bisa memutuskan pada pilihan sempurna untuk streaming, membuka blokir, atau melakukan torrent. Dan ya, ada server P2P.

Forum PIA yang sangat aktif sedikit menggantikan hilangnya live chat, tetapi jangan mengharapkan dukungan pelanggan kelas premium. Jika Anda tidak mempermasalahkan itu, coba PIA pada distro Linux Anda — dipenuhi fitur, ringan di kantong, dan juga hadir dengan jaminan uang kembali 7 hari!.

5. Mullvad

  • Klien Linux milik sendiri
  • Salah satu dari beberapa VPN yang biasa memanfaatkan IPv6 dengan benar
  • Variasi server lumayan
  • Tidak ada Jaminan uang kembali
  • Coba gratis terlalu singkat

“Mullvad” berarti “tikus mondok” dalam bahasa Swedia — dan kalau menyangkut VPN, yang satu ini tak diragukan dipersembahkan untuk menjaga identitas online asli Anda di bawah radar.

Pada Linux, Anda mendapat klien khusus yang dilengkapi sepenuhnya dengan GUI-nya sendiri. Proteksi kebocorannya dan tombol pemutus sudah pasti ada, dan — di sinilah bagian terbaiknya — pengarahan DNS IPv6 diterapkan dengan baik. Ini sering kali jadi masalah yang akan kembali menghantui bahkan bagi penyedia yang terbaik, tetapi Mullvad telah berhasil mengatasinya.

Sedangkan untuk servernya, penyedia VPN ini pernah memiliki beberapa kekhilafan yang terlihat jelas, tetapi akhir-akhir ini sudah berhasil diatasi, memperluas hingga 180 server di 29 negara (termasuk Inggris Raya, Hong Kong, dan Israel, yang semua itu sebelumnya tidak tersedia.

Dengan enkripsi kokoh, tidak menyimpan catatan, dan jaringan server yang baru saja diperbarui, Mullvad bekerja dengan luar biasa bagus; klien khususnya bersama dengan panduan ringkas juga akan membuat segalanya jauh lebih mudah bagi pengguna Linux. Namun demikian, tidak ada jaminan uang kembali, hanya memberi Anda uji coba 3 jam untuk memutuskan pemikiran Anda.

VPN untuk Linux Anda Tidak Harus Menjadi Renungan ke Masa Depan.

Kini Anda memilikinya — lima VPN top kami yang tidak akan bersusah-payah untuk Linux. Apakah itu proteksi dasar atau tugas yang lebih intensif, dijamin Anda akan menemukan alat terbaik untuk pekerjaan dalam daftar kami. Selamat berburu!

Apakah menurut Anda artikel ini berguna? Pastikan untuk membagikan dengan rekan-rekan Linux Anda —kami sangat menghargainya!

Mencari proteksi VPN untuk mobile? Lihat VPN terbaik (terburuk) untuk perangkat Androiddan iOS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *